Apa Sih Prinsip dari Ekologi Industri?

Friday, September 30, 2016 1 Comments A+ a-

Apa Sih Prinsip dari Ekologi Industri itu?

Setelah agan membaca mengenai "Mengenali apa itu Ekologi Industri", selanjutnya yang perlu agan pahami ialah prinsipnya. Bagaimana sih prinsip ekologi industri? Seperti halnya cabang ilmu yang lainnya, ekologi industri juga mempunyai prinsip. Nah, pada artikel ini akan kita membahasnya.

Ada beberapa prinsip ekologi industri diantaranya:

1. Ekosistem Industri
Membangun interaksi antar organisme dan lingkungan sekitarnya. Industri satu dengan lainnya saling bekerja sama dan memiliki hubungan keterkaitan satu dengan lainnya. Kembali pada proses alur tertutup, yaitu setiap buangan/limbah hasil olah suatu industri menjadi material bagi industri-industri lain.

2. Penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan
Kita ketahui bahwa di bumi kita ini hanya ada 2 tipe sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Ekologi industri lebih mengutamakan sumber daya alam yang dapat diperbarui serta mengurangi penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

3. Menghemat penggunaan material dan energi dalam produksi
Demi terwujudnya efisiensi dalam proses produksi, dengan meminimalisir input dan memaksimalkan output. Menyeimbangkan input dan output yang mengacu pada keterbatasan sistem alam, mengurangi beban lingkungan akibat proses industri, sehingga tujuannya agar aktivitas industri dapat berkelanjutan dalam kurun waktu yang lebih lama.

4. Menjamin kualitas hidup lingkungan sekitarnya
Selalu mengupayakan keseimbangan antara sistem industri dengan kehidupan alam. Memperhatikan serta mengupayakan pengurangan beban lingkungan akibat proses industri, sehingga alam akan lebih terjaga demi terwujudnya aktivitas industri yang berkelanjutan mengingat masih ada generasi-generasi baru pada masa yang akan datang.

Dengan prinsip-prinsip tersebut, akan tercipta suatu simbiosis dalam industri sehingga alam tetap terjaga dan aktivitas industri akan tetap berkelanjutan. Apa itu simbiosis industri? akan kita bahas pada kesempatan selanjutnya.

Sekian semoga bermanfaat!

Oh, ya jangan lupa beri komentarshare dan subscribe! Thanks gan!

1 Comments:

Write Comments
Unknown
AUTHOR
12/09/2016 07:22:00 AM delete

nice gan, blognya cool :)

Reply
avatar

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!