Apa itu Bonus Demografi?

Tuesday, December 13, 2016 4 Comments A+ a-


Siputeknik - Mungkin ada yang sudah tidak asing mendengar “Bonus Demografi” dan mungkin juga anda baru mendengarnya. Yang terpenting taukah anda apa itu “Bonus Demografi”? Kalau belum, baiknya kita bahas lebih lanjut.

Menurut hasil pencarian teratas di Google: 

“Bonus demografi adalah suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangu-nan karena jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sedang proporsi usia muda sudah semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak.” Dikutip dari www.ilmuekonomi.net.

Sedangkan menurut BKKBN di facebook:

“Bonus Demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya.”

Jadi saya simpulkan:

“Bonus Demografi merupakan fenomena yang dinikmati oleh suatu negara dimana struktur penduduknya sangat menguntungkan karena lebih besarnya proporsi penduduk produktif dari pada penduduk non produktif, sehingga dengan kondisi seperti ini, jika negara dapat memanfaatkan dengan baik maka negara tersebut akan mengalami keuntungan yang berlimpah khususnya di sektor pembangunan. Jika tidak, maka sebaliknya, negara akan menanggung beban yang amat berat.”
Sebuah negara dikatakan mengalami bonus demografi jika dua orang penduduk usia produktif (15-64) menanggung satu orang tidak produktif (kurang dari 15 tahun dan 65 tahun atau lebih).

Menurut perhitungan, Indonesia telah mengalami bonus demografi sejak tahun 2012. Sedangkan puncaknya diperkirakan akan terjadi di tahun 2028-2030, hal ini disebutkan pada website bps.go.id.  Namun ada juga yang menyebutkan pada tahun 2020-2030. 

Kapanpun puncaknya, ini adalah peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan pembangunan negara. Bagaimana caranya? Dimulai dari pemerintah untuk melakukan kebijakan program pembangunan. Eitss, tapi jangan menyerahkan semua pada pemerintah. Hakikatnya, kita lah sebagai warga negara yang juga harus memiliki kesadaran untuk membangun negara ini menjadi negara yang makmur dan sejahtera dengan memanfaatkan kondisi bonus demokrasi ini. Kita ketahui, apa guna kebijakan yang dibuat oleh pemerintah jika tidak ada kesadaran yang seharusnya dimiliki oleh masyarakat? Itu hanyalah sia-sia belaka.

Kemudian apa saja yang perlu ditingkatkan melalui program pembangunan ini? Satu hal yang pasti adalah mutu pendidikan. Kita ketahui mutu pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi yang baik pula. Dengan generasi yang baik ini maka akan mudah untuk melancarkan program pembangunan. Namun apakah mutu pendidikan negara kita sudah baik? Silahkan koreksi sendri…

Lalu selanjutnya adalah peningkatan kualitas kesehatan masyarakat serta usaha ekonomi keluarga. Cukup itu saja? Tidak, masih banyak hal-hal lain yang perlu dikembangkan dalam rangka mensukseskan program pembangunan pada kondisi bonus demokrasi ini.

Yang terakhir, bangun kesadaran pada diri kita, jadikan Indonesia ini dapat memanfaatkan bonus demografi dan tercipta negara yang makmur dan sejahtera!

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa like, komen, share, dan subscribe!

4 Comments

Write Comments
Unknown
AUTHOR
12/18/2016 05:39:00 PM delete

penjelasannya sangat bermanfaat sekali terimkasih

Reply
avatar
12/18/2016 05:44:00 PM delete

Jadi nambah ilmu pengetahuan, makasih kak

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/18/2016 05:56:00 PM delete

penjelasannya sangat lengkap sekali

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12/18/2016 05:58:00 PM delete

ya sih kesadaran diri paling penting walaupun pemerintah sudah aktiv melakukan pembangunan namun belum sebelum nya didukung oleh masyarakat, pasti akan gagal untuk pembangunan negara

Reply
avatar

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!