Sering Mendengar Istilah Marketing? Apa itu Marketing?

Thursday, September 24, 2020 0 Comments A+ a-

Siputeknik - Hai sob, terus terang saja pasti kalian pernah kan mendengar istilah "marketing" seperti "digital marketing", "marketing strategies", "marketing plan", dan masih banyak lagi, betul? Namun sebenarnya marketing itu apa sih? Pada artikel ini akan dijelaskan secara ringkas definisi dari marketing. Yuk kita simak! 😋

Marketing/Pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Gampangnya, marketing adalah “meeting needs profitably”, yaitu memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. 

Contohnya:
  1. Saat Google menyadari bahwa orang-orang perlu mengakses informasi di Internet secara lebih efektif dan efisien, Google menciptakan mesin telusur canggih yang mengatur dan memprioritaskan kueri.
  2. Ketika IKEA memperhatikan bahwa orang menginginkan perabotan bagus dengan harga yang jauh lebih rendah, IKEA menciptakan furnitur knockdown

Keduanya menunjukkan kecerdasan pemasaran dan mengubah kebutuhan pribadi atau sosial menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Definisi pemasaran menurut American Marketing Association: Pemasaran adalah aktivitas, sekumpulan institusi, dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat secara luas.

Definisi sosial dari pemasaran menunjukkan peran yang dimainkan pemasaran dalam masyarakat; misalnya, seorang pemasar mengatakan bahwa peran pemasaran adalah untuk "memberikan standar hidup yang lebih tinggi". 

Berikut merupakan definisi sosial dari pemasaran yang memenuhi tujuan kita: Pemasaran adalah proses kemasyarakatan di mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran bebas produk dan jasa yang bernilai dengan orang lain. Penciptaan nilai di antara konsumen dan dengan bisnis dan pentingnya penciptaan nilai dan berbagi telah menjadi tema penting dalam pengembangan pemikiran pemasaran modern.

Dari beberapa definisi tersebut tentu kalian dapat menyimpulkan apa definisi dari pemasaran atau marketing tersebut. Yuk tulis di kolom komentar, apa definisi marketing berdasarkan kesimpulan kalian! 😄

Referensi :
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson.

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!