Mengenali apa itu Ekologi Industri?

Wednesday, September 28, 2016 0 Comments A+ a-


Mengenali apa itu Ekologi Industri?

Ekologi industri merupakan salah satu bagian penting yang harus dipelajari dalam teknik industri gan. Mengapa demikian? Mari kita simak secara bertahap.

Pengertian ekologi menurut KBBI :

ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan (kondisi) alam sekitarnya (lingkungannya)
 Sedangkan menurut Wikipedia, ekologi yaitu :

berasal dari bahasa Yunani "oikos" (habitat) dan "logos" (ilmu), yaitu ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
Jadi kedua pengertian diatas sangat serupa, ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan/kondisi alam sekitarnya. Sehingga antara organisme/makhluk hidup dengan lingkungannya itu merupakan satu kesatuan sistem (ekosistem). Pada dasarnya, konsep ekologi ialah homeostatis, bagaimana kondisi interaksi/hubungan keterkaitan antara komponen ekosistem tersebut harus berjalan seimbang.

Kemudian, Ekologi Industri itu apa?

Jika dalam ekologi secara umum mempelajari antara organisme dengan lingkungan, dalam ekologi industri berarti ilmu yang mempelajari interaksi antara sistem industri dengan biologi/lingkungannya. Bagaimana membangun suatu ekosistem yang didalamnya terdapat interaksi-interaksi antar komponen (sistem industri, alam, manusia, dll) secara seimbang, stabil dan berkelanjutan.

Ekologi Industri secara lebih spesifik disebut juga sebagai proses industri dengan alur tertutup. Jika dalam alur terbuka setiap material yang bergerak melalui sistem menjadi buangan yang tak terpakai, lain dengan alur tertutup yang setiap buangan/limbah hasil olah suatu industri menjadi material bagi industri-industri lain. Sehingga ini menjadikan suatu efisiensi yang mengurangi kebutuhan bahan baku mentah dari alam, meminimalisir polusi dan sampah tak terpakai yang akhirnya berdampak baik bagi keseimbangan ekosistem industri ini.

Sebuah kawasan di Denmark telah menerapkan pola ekosistem ini dan menjadi contoh baik untuk seluruh negara di dunia, yaitu Kalundborg Eco-Industrial Park. Next time akan kita bahas...

Sekian semoga bermanfaat!

Oh, ya jangan lupa beri komentar, share dan subscribe! Thanks gan!

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!