Sedikit Tips Sederhana Menghadapi SBMPTN

Wednesday, January 04, 2017 0 Comments A+ a-


Memasuki tahun akhir pelajaran di SMA/SMK merupakan masa-masa yang bisa dibilang puncak dari sensasi sekolah. Dimana kita sedang nikmat-nikmatnya merasakan persahabatan dan cinta, dimana kita sedang berpikir dan berusaha menghadapi ujian akhir di sekolah, termasuk dimana kita sedang berpikir bagaimana kelanjutan kita nantinya, apakah langsung terjun ke dunia kerja atau melanjutkan studi di perguruan tinggi?

Berbincang soal melanjutkan studi di perguruan tinggi, ada banyak jalur masuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Apalagi perguruan tinggi swasta (PTS), sebelum ujian akhir di sekolah dimulai, mereka sudah gencar melakukan strategi marketing mereka dan membuka pendaftaran-pendaftaran dengan berbagai cara dan sesi yang disediakannya. Namun jika PTS bukan pilihan Anda, perguruan tinggi negeri (PTN) juga memiliki beberapa jalur masuk, salah satunya adalah SBMPTN.

SBMPTN merupakan program seleksi masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan serentak secara nasional. Calon mahasiswa dapat memilih PTN yang mereka inginkan (jika tersedia). Proses seleksinya ialah menggunakan sistem ujian tulis baik berbasis paper/kertas (PBT) atau mungkin komputer (CBT).

SBMPTN bukanlah hal yang main-main. Banyak yang mengatakan bahwa menantikan hasil SBMPTN itu lebih mengerikan daripada menantikan nilai hasil ujian di sekolah. Bagaimana tidak, melalui jalur SBMPTN semua nilai siswa di sekolah diabaikan. Siapa mampu melewati seleksi dengan baik, dia akan lolos dan itu pastinya dengan pertimbangan dari masing-masing perguruan tinggi.

Namun jangan khawatir, saya ada beberapa tips sederhana sebelum Anda menghadapi SBMPTN, tips ini setidaknya akan membuat Anda akan merasa lebih tenang dan santai menghadapinya.

1. Pelajari Soal-Soal SBMPTN Terdahulu


Pelajari disini bukan hanya sekedar Anda dapat mengerjakan soal di kertas itu, bukan. Tetapi Anda harus memahami konsep dari soal itu. Bagaimana cara menemukan jawaban soal tersebut. Jika soal bahasa, Anda mungkin harus banyak-banyak membaca untuk menambah wawasan Anda. Pelajari juga KBBI, buku tentang Grammar dan sebagainya. Jika soal hitungan, Anda harus tahu dulu rumus-rumus dasarnya, cobalah mencari rumus turunan dari beberapa rumus dasar, kemudian Anda baru boleh gunakan rumus cepat, gunanya supaya Anda tahu konsepnya. Ketika Anda tahu konsep, Anda akan tahu cara mana yang akan Anda pakai untuk mengerjakannya.
Jika Anda kesulitan mencari soal-soal sbmptn, tenang saja karena Anda dapat menemukannya di google.

2. Jangan terus melulu belajar
Hanya akan membuat Anda jenuh, luangkanlah beberapa waktu, mungkin sekedar untuk bermain, jalan-jalan, menikmati suasana luar dan udara segar. Namun jangan sampai terlena dengan meluangkan waktu.

3. Buat tempelan di dinding
Tulislah apa yang menjadi target Anda di kertas, lalu tempelkan di dinding. Pastikan bahwa Anda akan sering melihatnya. Target Anda harus detail, misal jangan seperti “Lulus”, tapi buatlah beberapa turunan pertanyaan. Misal target Anda lulus, lulus dari apa? Hasilnya bagaimana? Sedetail mungkin. Boleh juga memasang tempelan kata-kata atau gambar motivasi.

4. Berdoa
Jangan lupa berdoa, ingatlah usaha tanpa disertai do’a seperti hal yang sia-sia. Jangan lupa juga niatkan setiap usaha Anda dan tujuan Anda melakukan itu.

5. Minta doa dan restu orang tua
Jangan pernah remehkan kekuatan doa dari orang tua. Ketika orang tua Anda merestui Anda dalam setiap kegiatan, orang tua pasti akan mendo’akannya dan Insya Allah kegiatan Anda akan dilancarkan dan bahkan hal yang seolah agak mustahil pun mungkin bisa terjadi.

6. Siapkan diri sebelum berangkat ujian
Jangan buat diri Anda merasa gugup dan tergesa-gesa. Makanlah yang cukup sebelum Anda berangkat, persiapkan segala peralatan yang diperlukan dari jauh-jauh waktu, dan berangkatlah minimal 30 menit-an Anda harus sudah sampai di lokasi ujian, ini supaya Anda dapat menenangkan diri juga di sana. Akan jadi stres bila Anda baru datang kemudian langsung mengerjakan ujian.

7. Tetap tenang dan percaya dan berserah diri
Tidak usah merasa cemas yang berlebihan, itu hanya akan membuat pikiran Anda bubar berantakan. Percaya juga pada diri Anda bahwa Anda bisa, pasti bisa. Berserah dirilah pada Yang Kuasa, apapun hasilnya itu adalah hasil usaha keras dan rezeki Anda. Jangan lupa tetap bersyukur.

Kurang lebih demikian tips yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman Anda. Terima Kasih!

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!