AMIGO 2.0 P-Dev Laboratory Telkom University

Friday, March 23, 2018 0 Comments A+ a-


Sebelum jauh mengenai AMIGO, mungkin harus saya kenalkan terlebih dahulu bahwa di kampus Telkom University ada laboratorium bernama P-Dev Laboratory. P-Dev sendiri disingkat dari kata Product Development. Laboratorium tersebut merupakan salah satu laboratorium yang dimiliki oleh prodi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri.

Di Telkom University khususnya prodi Teknik Industri, memiliki bermacam-macam laboratorium dimana masing-masing laboratorium biasanya memiliki RG atau Research Group. Begitu juga dengan P-Dev Laboratory, AMIGO merupakan research grup yang dinaungi oleh P-Dev Laboratory. Biasanya RG berfokus pada riset-riset serta mengikuti berbagai ajang kompetisi terkait.

Pada tahun 2018 ini, AMIGO mengadakan rekruitasi anggota baru untuk AMIGO 2.0 yang menyasar pada mahasiswa Teknik Industri Telkom University angkatan 2016 dan 2017. Kebetulan saya sebagai mahasiswa TI angkatan 2016 dan berminat pada RG tersebut, disisi lain memang berminat untuk mendalami product development ini, sehingga saya pun mencoba mendaftarkan diri dengan mengirimkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti:
  1. CV Formal
  2. KHS
  3. KSM terbaru
  4. Essay Motivation Letter
  5. Foto Formal 3x4
Berkas-berkas tersebut harus saya penuhi untuk kemudian dikompres ke dalam bentuk .rar/.zip dan lalu dikirimkan melalui email kepada P-Dev Laboratory.

Pada 21 Maret 2017 lalu, saya mendapatkan sms informasi dari CP Rekruitasi AMIGO 2.0 bahwa saya berhak mengikuti rekruitasi AMIGO 2.0 dan diwajibkan menghadiri technical meeting pada esok malam.

Namun pada malam itu, saya tidak bisa menghadiri karena ada kepentingan lain yaitu menghadiri Rapat penting di sebuah organisasi di Telkom University, karena menyangkut saya pribadi sehingga tidak bisa meninggalkan rapat tersebut yang berbenturan dengan jadwal technical meeting ini.

Sebagai langkah rekruitasi selanjutnya, saya mendapatkan 2 tugas dari hasil TM tersebut dan ini merupakan salah satunya serta membuat sebuah resume.

Kemudian diadakan kegiatan lagi pasca TM, calon AMIGO diwajibkan untuk menghadiri kegiatan pada Kamis, 22 Maret 2018. Namun sayang sekali karena ada suatu halangan yang tiba secara mendadak tepat ketika waktu kegiatan siap dimulai, saya tidak bisa menghadirinya. Namun untuk kegiatannya dari informasi yang saya dapatkan adalah dilakukan tes tertulis dan pembagian kelompok untuk tugas selanjutnya. Tugasnya adalah membuat atau mengembangkan suatu produk.

Hari berikutnya Kamis, 29 Maret 2018 diadakan pertemuan lagi. Kali ini calon AMIGO dihadapkan dengan tantangan berupa FGD (Focus Group Discussion). Teknisnya, peserta akan diberikan pertanyaan, kemudian menjawabnya secara lisan, tidak ada pendapat yang salah, dan masing-masing peserta diharapkan untuk memberikan pendapatnya. Kegiatan ini sangat menarik, karena tema yang diberikan sama sekali belum pernah tergambar dalam pikiran saya, yaitu tentang Kansei Engineering dan Good Design dan untungnya peserta diberikan waktu 10 menit untuk menggali informasi di internet sehingga ini akan lebih mempermudah ketika dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan nantinya.

Sementara mungkin sekian blog ini, mungkin akan saya update perkembangan selanjutnya jika kalian penasaran dengan AMIGO ini.

Jangan Lupa Komen, Share, dan Subscribe!